12 Cara membuat artikel blog yang menarik khusus pemula

Cara membuat artikel

12 Cara menulis artikel keren. Cocok banget untuk pemula

Dibutuhkan 3 hal penting untuk membuat artikel yang berpengaruh. Membuat pembaca membenarkan apa yang anda katakan. Mengikuti apa yang anda instruksikan.

3 hal penting tersebut adalah Artikel yang benar-benar menarik, enak dibaca dan sekaligus informatif. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara membuat artikel yang memenuhi 3 hal tersebut.

Artikel menarik membuat pembaca termotivasi untuk terus membaca hingga tuntas. Ada rasa penasaran bahkan perasaan rugi jika mereka tidak melanjutkan membaca.

Enak dibaca terkait dengan cara penyajiannya. Artikel disajikan dengan cara yang mudah dicerna. Bahasanya mengalir dan tidak berat. Walaupun ada istilah-istilah baru. Pembaca dengan sangat cepat bisa mengetahui arti dari istilah tersebut.

Dan artikel informatif terkait dengan muatannya.

Artikel dikatakan informatif apabila artikel tersebut memiliki informasi yang memang dibutuhkan oleh pembaca. Saat membaca mereka merasa mendapatkan sesuatu yang baru dan penting.

Jika anda berhasil membuat pembaca bergumam “Iya juga ya” atau “Ternyata begini caranya”. Itu tandanya anda sudah berhasil membuat artikel yang kaya informasi.

Jika artikel yang anda buat memenuhi 3 kriteria diatas, maka sangat besar kemungkinan pembaca anda akan betah berlama-lama di blog anda.

Trik ini wajib diketahui, terutama bagi anda yang menawarkan jasa penulis artikel online

Memang membuat artikel yang menarik, enak dibaca dan sekaligus informatif bukanlah perkara mudah. Tapi, juga tidak sulit-sulit amat.

Anda hanya perlu tahu caranya, selanjutnya latihan dan latihan lagi.

Note :

Tips menulis artikel yang kami bagikan ini tidak sedang membahas bagaimana menulis artikel yang sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tetapi, lebih kepada cara mendorong pembaca untuk melakukan yang diinginkan penulis.

Tips Cara membuat artikel yang tidak saja menarik, tetapi kaya informasi

Baik, kita tidak akan berlama-lama.

To the point aja. Bagaimana cara membuat artikel seperti yang disebutkan diatas.

Untuk bisa membuat artikel seperti yang kami jelaskan diatas. Setidaknya kita harus melakukan beberapa langkah penting berikut.

cara menulis artikel

#1. Membuat Paragraf pembuka yang menggugah

Saat memulai menulis artikel. Perlu dipikirkan paragraph pembuka yang membuat pembaca merasa penting dan termotivasi untuk meneruskan membaca.

Paragraf pertama ini tidak perlu panjang. Kami menyarankan maksimal 3 baris dan 3 kalimat saja.

Munculkan rasa cemas, takut dan penasaran saat menulis paragraph pertama. Sehingga membuat pembaca meneruskan membaca hingga paragraph 2, 3, 4 dan seterusnya.

Usahakan pada paragraph pertama ini anda sudah menyajikan informasi penting yang menarik diketahui pembaca. Dengan begitu, mereka akan berusaha untuk meneruskan membaca. Baik karena rasa cemas, takut maupun penasaran.

Anda bisa menjadi tulisan kami sebagai contoh artikelnya. Perhatikan paragraf pertama kami.

#2. Gunakan Paragraf pendek

Saat memesan artikel di “penulis freelance”, kami selalu menyertakan syarat agar artikel yang ditulis memiliki paragraph yang tidak Panjang. Biasanya hanya 3 baris saja. Kalaupun ada yang lebih itu kalau memang terpaksa.

Dengan paragraph yang pendek membuat artikel akan lebih mudah dibaca dan dipahami konteknya.

Pada kondisi tertentu anda juga harus mengusahakan agar kalimat anda juga tidak terlalu panjang sehingga maknanya tidak rancu.

Singkat, padat dan pesannya sampai.

#3. Gunakan kalimat singkat.

Terkadang, kita kesulitan memahami maksud dari suatu kalimat. Mungkin karena penggunaan kata yang tidak tepat, bisa juga karena kalimatnya terlalu panjang.

Untuk membuat artikel enak dibaca. Buatlah kalimat pendek, tapi maknanya mudah dipahami.

Kami masih sering menemukan artikel yang kalimatnya sangat Panjang. Harus dibaca berkali-kali. Barulah paham maksud dari kalimat tersebut.

Coba bayangkan saat anda ngobrol.

Saat kita ngobrol, kita tidak langsung bicara Panjang tanpa jeda. Biasanya kita selalu memotongnya berdasarkan kontek tertentu.

Karena pasti sangat membosankan mendengarkan orang bicara tanpa jeda.

Menulis artikel juga begitu. Anda perlu memperhatikan setiap kata yang ditulis. Jangan terlalu Panjang sehingga sulit dipahami. Jangan pula terlalu pendek, sehingga maksudnya tidak sampai.

#4. Menggunakan Sub-Judul

Biasanya artikel yang kita buat terdiri dari judul utama. Selanjutnya judul utama ini terdiri dari sub-judul bahkan sub-judul kadang juga memiliki subjudul lagi.

Artikel yang dibuat menggunakan struktur seperti ini akan lebih mudah dipindai dan dipahami oleh para pembaca, terutama pembaca online.

Jika artikel anda sedang membahas tentang “Jenis-jenis Bunga”, selanjutnya anda bisa membuat sub-judul dengan “Bunga luar ruangan” dan “Bunga dalam ruangan”. Selanjutnya masing-masing sub-judul ini bisa anda tambahkan lagi nama-nama bunganya.

Sampai disini kebayangkan seperti apa artikel yang menggunakan sub-judul dengan baik dan benar. Kami anggap anda sudah paham dan bisa mempraktekannya.

#5. Gunakan format tulisan list/daftar

Selain menggunakan sub-judul, anda juga bisa membuat daftar pada artikel anda. Saya sendiri sangat terbantu memahami sebuah artikel jika disertakan listnya. Kita jadi tahu bagian-bagian dari sub-judul tersebut.

Format artikel dengan pola daftar ini sangat diminati karena memudahkan kita dalam memindai artikel yang akan dibaca. Jika sebelumnya kita ingin membuat artikel tentang bunga, maka akan sangat bagus kalua disertakan listnya.

Misalnya list “bunga dalam ruangan”.

  • Aloe Vera
  • Sirih Gading
  • Snake Plant
  • Aglonema

Gunakan list angka jika anda ingin mengurutkan berdasarkan prioritas. Sebaliknya, gunakan list selain angka jika tidak harus diurutkan berdasarkan prioritas.

#6. To the point

Ini penting sekali.

Saat ini banyak sekali penulis yang membuat suatu yang sederhana menjadi terlihat rumit. Jika anda bisa menjelaskan dengan 1 hingga 2 kalimat saja. Buat apa harus menulis paragraph Panjang.

Selain membuat pembaca bosan, penjelasan yang terlalu Panjang juga bisa mengaburkan makna yang ingin disampaikan.

Be Simple. Jika bisa dilakukan dengan cara mudah. Tidak perlu mencari cara yang sulit. Apalagi membosankan.

#7. Beritahu apa yang dibahas sejak awal

Coba anda perhatikan paragraph pertama kami. Disana kami langsung menyebutkan 3 hal penting untuk membuat artikel yang berpengaruh.

Kami tidak memulainya dengan perkenalan diri. Selamat datang dan kalimat tidak penting lainnya.

Karena pembaca anda tidak peduli dengan itu. Mereka tidak peduli siapa anda. Apa latar belakang anda. Mereka hanya peduli dengan masalah mereka. Mereka butuh solusinya.

Jika diberitahu sejak awal. Mereka tahu, apakah artikel anda punya solusi atau tidak.

#8. Unik

Unik disini tidak sekedar lolos copyscape.

Jika anda benar-benar ingin mempengaruhi pembaca melalui tulisan. Maka pastikan konten yang disajikan benar-benar unik.

Unik bisa diartikan dengan cara yang berbeda. Atau solusi yang berbeda.

Pengguna internet sudah kebanjiran informasi. Mereka sudah mengunjungi ratusan bahkan ribuan blog sebelum mengunjungi artikel anda.

Itu artinya, mereka sudah mengetahui banyak hal. Tapi belum memberikan solusi yang benar-benar pas dengan masalah mereka.

Jika anda membuat konten yang relative sama dengan blog lain. Mereka akan berfikir artikel anda juga tidak akan memberikan solusi pada mereka.

Mereka akan tutup halaman blog anda. Tidak ada gunanya. Membuang-buang waktu.

Menyedihkan sekali.

#9. Sertakan informasi-informasi tambahan

Saat menulis artikel, sulit sekali untuk menjelaskan banyak hal sekaligus.

Jika ada istilah yang memerlukan penjelasan khusus, maka anda bisa membuatnya dihalaman lain dan kemudian memberikan link ke halaman tersebut.

Sehingga tidak ada bagian informasi yang hilang.

Selain berguna untuk pembaca. Trik ini juga sangat ampuh untuk meningkatkan time on site, menurunkan bounce rate serta meningkatkan page view sebuah blog.

Coba perhatikan tulisan “cara membuat artikel” ini. Anda akan melihat beberapa link yang mengarah ke halaman lain untuk memberikan penjelasan tambahan dari artikel yang sedang disajikan.

#10. Buat artikel yang banyak dicari

Pada era digital marketing ini. Tentu saja kita menulis artikel yang memang banyak dicari dan dibutuhkan pengguna internet.

Untuk mengetahui apakah sebuah artikel dibutuhkan atau tidak. Maka kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Dengan riset keyword. Kita jadi tahu, apa kata-kata yang banyak diketikan di kotak pencarian Google. Bahkan kita juga bisa tahu volume/jumlah orang yang menggunakan kata-kata tersebut.

Jadi, riset keyword adalah langkah penting untuk membuat artikel yang menarik dibaca.

Anda bisa membaca panduan riset keyword yang sudah kami sediakan.

#11. Gunakan ilustrasi Visual

Tahukah anda, manusia memiliki 3 gaya belajar. Mulai dari visual, auditori dan kinestetik. Menariknya, gaya belajar yang paling mendominasi adalah gaya belajar visual. Dan itulah mengapa anda harus menyertakan ilustrasi visual pada setiap artikel anda.

Ilustrasi visual yang kami maksud adalah gambar : )

Bahkan, dengan visual gambar pikiran kita bisa menerawang jauh dari apa yang disajikan oleh artikel tersebut.

Satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Begitu katanya.

makna gambar 1000 kata

#12. Gunakan font yang tepat

Ini adalah bagian yagn sering dilewatkan. Terutama oleh pemilik blog.

Sering saya temui pemiliki blog yang mementingkan desain yang wow dengan mengabaikan pengalaman pengguna terhadap blog mereka. Salah satunya menggunakan jenis font yang sulit dibaca karena menggunakan style yang aneh-aneh : )

Kami menyarankan agar menggunakan jenis font yang mudah dibaca, ukuran yang pas serta digunakan secara konsisten diseluruh halaman website anda.

Itulah beberapa trik cara membuat artikel yang menarik, enak dibaca serta informatif.

Selanjutnya tinggal anda praktekan.

Kami harap, dengan mengetahui 12 trik menulis artikel diatas. Anda bisa membuat artikel yang memenuhi kriteria menarik, enak dibaca dan informatif.

Artikel yang anda buat benar memiliki ruh. Mampu mempengaruhi pembaca untuk melakukan seseuatu yang anda inginkan.

 

Artikel ini ditulis oleh Tim SEOPlatinum untuk membantu pembaca dalam membuat artikel yang berkualitas. SEOPlatinum adalah Konsultan SEO Indonesia yang menawarkan Jasa Optimasi Website bergaransi halaman 1 Google atau uang kembali.