Digital Marketing : Cara praktis lejitkan Omset usaha

Digital Marketing

Cara lejitkan omset dengan Digital Marketing

Digital Marketing bukan lagi barang baru. Termasuk di Indonesia. Sejak beberapa tahun lalu salah satu Teknik pemasaran ini sudah membantu banyak bisnis untuk terus tumbuh dan berkembang.

Tapi, tentu tidak ada salahnya jika kita coba bahas lebih jauh tentang Digital marketing ini. Apa itu digital marketing, apa manfaatnya bagi bisnis anda, termasuk langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya dalam meningkatkan omset usaha.

Oke. Kita akan mulai dengan defenisi

Apa itu Digital Marketing

Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran (produk dan jasa) yang dilakukan dengan menggunakan media internet sebagai media utamanya. Biasanya calon konsumen melihat produk maupun jasa yang ditawarkan melalui website, blog, media social dan perangkat online lainnya.

Intinya, pemasaran online (Digital Marketing) dilakukan untuk menargetkan calon konsumen yang memiliki kebiasaan online. Baik di Sosial media, mesin pencari serta website lainnya.

Menggunakan Digital Marketing, kita bisa menjangkau banyak konsumen dengan biaya yang relative murah. Bahkan, kita bisa menjangkau semua orang di seluruh dunia.

Hanya saja, untuk hasil yang optimal. Kita perlu menyesuaikan model bisnis kita dengan masing-masing channel pemasaran online. Karena masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Misalnya channel mesin pencari seperti Google. Karakteristik yang paling menonjol dari calon konsumen dari Google adalah mereka akan membuka google jika membutuhkan solusi tertentu.

Anda bisa menggunakan channel ini dengan melakukan SEO Website. Sehingga menempati peringkat terbaik di Google.

Sedang karakteristik pengguna social media lain lagi. Mereka berada disana dalam rangka bersosialisasi, hiburan dan lain sebagainya.

Dengan berbedanya karakteristik masing-masing channel pemasaran online ini, maka kita perlu melakukan pendekatan yang berbeda, sehingga menghasilkan yang hasil yang sesuai dengan harapan.

Sebelum kita membahas lebih jauh terkait dengan pendekatan pemasaran online untuk masing-masing channel ini, kami akan coba sebutkan beberapa channel yang cukup popular dan sering digunakan sebagai salah satu media dalam pemasaran online.

Mesin Pencari

Ada banyak mesin pencari yang bisa kita gunakan. Namun, seringkali mesin pencari ini selalu mengarah pada Google. Itu tidak salah. Karena memang saat ini terutama di Indonesia. Google mendominasi pengguna Internet Indonesia.

Melalui mesin pencari Google, kita bisa menemukan berbagai informasi berguna. Termasuk menemukan produk maupun jasa yang akan menjadi solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

Begitu juga bagi para pemilik produk. Mesin pencari bisa dijadikan sebagai salah satu channel untuk mendapatkan calon pengunjung potensial.

Khusus untuk pemilik produk. Kita bisa menfaatkan SEO (Search Engine Optimization) dan Google Ads untuk mendapatkan pengunjung potensial tersebut.

Digital Marketing menggunakan SEO

SEO adalah Teknik mendapatkan pengunjung potensial dari Google secara organic. Tidak perlu bayar untuk setiap pengunjung yang datang ke website anda.

Jika anda melakukan riset keyword dengan benar, maka tingkat konversi pengunjung yang datang dari hasil SEO ini sangat tinggi.

Jika anda mendapatkan 100 kunjungan harian dari hasil SEO ini. Hampir 20% dari pengunjung tersebut akan dikonversi menjadi pembeli.

Anda hanya perlu menyiapkan produk yang bagus dan harga yang tepat dengan pengunjung tersebut. Sehingga tingkat konversinya bisa terus ditingkatkan.

Digital Marketing menggunakan Google Ads

Sedangkan Google Ads merupakan metode mendatangkan pengunjung potensi dari Google dengan cara berbayar. Kita harus mengeluarkan uang untuk setiap pengunjung yang datang ke website kita dari Google Ads.

Kelebihan Teknik ini dibandingkan SEO adalah karena lebih instan. Jika SEO memerlukan waktu yang cukup lama, maka Google Ads ini hanya membutuhkan waktu yang relative sedikit untuk proses Setup Iklan. Biasanya hanya 1- 2 jam saja.

Tapi, sama halnya dengan Teknik SEO. Saat menggunakan Google Ads anda juga perlu melakukan riset keyword dengan benar. Sehingga anda bisa mendatangkan pengunjung potensial dari buying keyword yang sudah anda dapatkan.

Kedua Teknik ini bagus. Anda hanya perlu menggunakannya pada waktu yang tepat dan pada produk yang tepat pula.

Facebook

Saat ini, siapa yang tidak kenal dengan Facebook. Penulis sangat yakin, anda pun sudah menjadi salah satu pengguna dari Facebook.

Menariknya, facebook pun bisa anda gunakan sebagai salah satu channel untuk melakukan Digital Marketing (Pemasaran Online). Apalagi pengguna facebook terus meningkat dari tahun ke tahun.

Awalnya kita mungkin mengira bahwa facebook hanyalah tempat untuk berbagi cerita, gambar, video dan informasi penting lainnya.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu. Facebook menghadirkan fitur-fitur baru. Termasuk fitur Advertising. Sehingga disamping sebagai tempat berhibur, ternyata facebook juga bisa anda gunakan sebagai tempat pemasaran online.

Melalui fitur advertising dari Facebook, kita bisa menargetkan orang yang tepat. Baik minat, lokasi, usia, jenis kelamin serta behavior lainnya.

Semakin tepat data yang kita pilih, maka semakin tertarget iklan anda. Dan semakin besar pula potensi konversi dari iklan yang ditayangkan.

Untuk informasi lebih lengkap terkait dengan Facebook Ads ini, mungkin akan kami bahas pada kesempatan lainnya.

Youtube

Selain Facebook, anda juga bisa memanfaatkan Youtube sebagai channel Digital Marketing. Dan memang sudah banyak yang terbukti berhasil dengan Youtube.

Melalui Youtube ini kita bisa mengedukasi calon konsumen terkait dengan jasa maupun produk kita. Akhirnya mereka mengerti manfaat dari produk kita dan berfikir produk kita adalah solusi dari masalah yang sedang mereka hadapi.

Instagram

Email Marketing

Email marketing adalah salah satu channel digital marketing yang juga memiliki nilai konversi yang bagus. Bahkan, anda tidak perlu bayar dan menunggu lama untuk mendapatkan keuntungan dari pengunjung yang berasal dari email marketing.

Melalui email marketing kita bisa melakukan banyak hal, seperti : mengirimkan pemberitahuan tentang produk anda yang baru saja launching, mengirimkan kode kupon, mengirimkan informasi penting yang baru saja diterbitkan dan lain sebagainya.

Channel Email marketing ini banyak dipakai oleh Affiliate Marketer. Mereka mengirimkan email massal saat ada produk bagus yang menarik dipromosikan.

Bisnis yang cocok menggunakan digital Marketing

Mungkin anda akan bertanya-tanya. Kira kira bisnis seperti apa yang cocok menggunakan metode Digital marketing ini. Apakah semua bisnis bisa memanfaatkannya atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa model bisnis yang bisa memanfaatkan Digital Marketing untuk mendapatkan pelanggan baru :

B2B (Business to Business)

Jika model bisnis yang anda geluti adalah Business to Business. Digital Marketing merupakan salah satu cara yang tepat untuk anda coba.

Melalui Teknik digital marketing anda bisa menemukan banyak sekali mitra bisnis yang akan bekerja sama dengan anda.

Anda hanya perlu memilikh channel yang tepat untuk mendapatkan mitra bisnis untuk kemudian membantu anda dalam meningkatkan penjualan produk.

B2C (Business to Customer)

Digital Marketing tidak hanya bisa digunakan untuk model Bisnis B2B saja. Untuk anda yang model bisnisnya adalah B2C juga bisa memanfaatkan Teknik digital marketing.

Bahkan digital marketing adalah cara yang paling ampuh dan cepat untuk mendapatkan customer baru dengan nilai akuisisi yang sangat rendah.

Anda bisa memanfaatkan google, facebook maupun Instagram untuk mendapatkan customer baru setiap bulannya.

Apa saja kelebihan Digital Marketing dengan Marketing Konvensional

Sebenarnya, masing Teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Termasuk Digital Marketing. Disamping memiliki kelebihan tentu saja juga ada kekurangannya.

Hanya saja, pada kesempatan ini kita tidak akan membahas kekurangan digital Marketing. Tetapi kita akan membahas apa saja kelebihan digital marketing. Berikut ini diantaranya

Mudah dan Praktis

Digital Marketing bisa dikatakan sebagai salah satu Teknik marketing yang relative mudah untuk dipraktekan. Anda tidak perlu ilmu roket untuk bisa menjalankannya.

Bahkan orang awam pun bisa memanfaatkan Teknik pemasaran yang satu ini.

Nilai akuisisi customer rendah

Jika anda beriklan di radio, tv maupun di koran biasanya harganya relative mahal. Ini membuat nilai akuisisi customer menjadi sangat tinggi. Itupun kalau ada konversi.

Sedangkan dengan menggunakan digital marketing, nilai akuisisi pelanggan menjadi sangat rendah. Jika anda bisa memanfaatkan channel yang tepat dengan cara yang tepat pula, anda bisa mendapatkan nilai akuisisi yang sangat kecil.

Tentu saja ini akan menghemat biaya pemasaran perusahaan anda secara umum.

Mudah dilacak dan diukur

Menggunakan Teknik Digital Marketing. Anda bisa melacak pengunjung yang datang ke website anda berasal dari channel yang mana.

Dengan mengetahui ini. Anda bisa menilai channel yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan produk. Sehingga bisa menfokuskan sumber daya pada channel tersebut.

Untuk melacak dan mengukurnya pun tidak dibutuhkan alat yang canggih. Cukup dengan menggunakan Google Analytics anda sudah bisa menilainya dengan baik.

MEnariknya, Google Analytics bisa anda gunakan secara gratis.

Hasil maksimal

Nah, ini yang paling penting. Dari sekian banyak factor yang kami jelaskan. Hasil adalah factor yang paling utama.

Dengan menggunakan digital marketing. Hasil yang akan anda dapatkan jauh lebih besar dibandingkan jika anda masih menggunakan pemasaran konvesional.

Karena dengan digital marketing, market anda tumbuh dengan sangat cepat. Jika selama ini pemasaran anda masih berada di satu kota tertentu. Maka dengan digital marketing bisa berkembang hingga seluruh dunia. Ini luar biasa.

Kesimpulan

Kami piker, anda sudah memahami penjelasan kami diatas dengan baik. Sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat.

Saat ini digital marketing bukan lagi menjadi Teknik opsional. Namun sudah menjadi Teknik yang wajib anda gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis anda dari waktu ke waktu.

Mudah mudahan bermanfaat

Level Content : Pemula