12 Cara membuat artikel blog yang menarik khusus pemula

12 Cara menulis artikel keren, cocok banget untuk pemula
Dibutuhkan 3 hal penting untuk membuat artikel yang berpengaruh. Membuat pembaca membenarkan apa yang anda katakan. Mengikuti apa yang anda instruksikan.
3 hal penting tersebut adalah Artikel yang benar-benar menarik, enak dibaca dan sekaligus informatif. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara membuat artikel yang memenuhi 3 hal tersebut.
Artikel menarik membuat pembaca termotivasi untuk terus membaca hingga tuntas. Ada rasa penasaran bahkan perasaan rugi jika mereka tidak melanjutkan membaca.
Enak dibaca terkait dengan cara penyajiannya. Artikel disajikan dengan cara yang mudah dicerna. Bahasanya mengalir dan tidak berat. Walaupun ada istilah-istilah baru. Pembaca dengan sangat cepat bisa mengetahui arti dari istilah tersebut.
Dan artikel informatif terkait dengan muatannya.
Artikel dikatakan informatif apabila artikel tersebut memiliki informasi yang memang dibutuhkan oleh pembaca. Saat membaca mereka merasa mendapatkan sesuatu yang baru dan penting.
Jika anda berhasil membuat pembaca bergumam “Iya juga ya” atau “Ternyata begini caranya”. Itu tandanya anda sudah berhasil membuat artikel yang kaya informasi.
Jika artikel yang anda buat memenuhi 3 kriteria diatas, maka sangat besar kemungkinan pembaca anda akan betah berlama-lama di blog anda. Dan itulah yang selalu kami terapkan disalah satu website Agency Jasa SEO kami, SEOElite.
Memang membuat artikel yang menarik, enak dibaca dan sekaligus informatif bukanlah perkara mudah. Tapi, juga tidak sulit-sulit amat.
Anda hanya perlu tahu caranya, selanjutnya latihan dan latihan lagi.
Note :
Tips menulis artikel yang kami bagikan ini tidak sedang membahas bagaimana menulis artikel yang sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tetapi, lebih kepada cara mendorong pembaca untuk melakukan yang diinginkan penulis.
Tips Cara membuat artikel yang tidak saja menarik, tetapi kaya informasi
Baik, kita tidak akan berlama-lama.
To the point aja. Bagaimana cara membuat artikel seperti yang disebutkan diatas.
Untuk bisa membuat artikel seperti yang kami jelaskan diatas. Setidaknya kita harus melakukan beberapa langkah penting berikut.

Membuat Paragraf pembuka yang menggugah
Saat memulai menulis artikel SEO. Perlu dipikirkan paragraf pembuka yang membuat pembaca merasa penting dan termotivasi untuk meneruskan membaca artikel anda.
Paragraf pertama ini tidak perlu panjang. Kami menyarankan maksimal 3 baris dan 3 kalimat saja.
Munculkan rasa cemas, takut dan penasaran saat menulis paragraf pertama. Sehingga membuat pembaca meneruskan membaca hingga paragraph 2, 3, 4 dan seterusnya.
Usahakan pada paragraf pertama ini anda sudah menyajikan informasi penting yang menarik diketahui pembaca. Dengan begitu, mereka akan berusaha untuk meneruskan membaca. Baik karena rasa cemas, takut maupun penasaran.
Anda bisa menjadi tulisan kami sebagai contoh artikelnya. Perhatikan paragraf pertama kami. Diawal tulisan ini kami sudah mencantumkan apa saja yang perlu diperhatikan saat menulis artikel untuk blog. Sehingga akan mendorong pembaca untuk terus membaca. Ini artinya, anda tidak perlu menulis artikel dengan perkenalan, alasan kenapa sudah lama tidak menerbitkan artikel serta hal-hal lain yang sama sekali tidak hubungannya dengan topik artikel. Ini penting sekali untuk diperhatikan.
Gunakan Paragraf pendek
Saat memesan artikel di “penulis freelance”, kami selalu menyertakan syarat agar artikel yang ditulis memiliki paragraf yang tidak Panjang. Biasanya hanya 3 baris saja. Kalaupun ada yang lebih itu kalau memang terpaksa.
Dengan paragraph yang pendek membuat artikel akan lebih mudah dibaca dan dipahami konteknya.
Pada kondisi tertentu anda juga harus mengusahakan agar kalimat anda juga tidak terlalu panjang sehingga maknanya tidak rancu.
Singkat, padat dan pesannya sampai.
Gunakan kalimat singkat.
Terkadang, kita kesulitan memahami maksud dari suatu kalimat. Mungkin karena penggunaan kata yang tidak tepat, bisa juga karena kalimatnya terlalu panjang.
Untuk membuat artikel enak dibaca. Buatlah kalimat pendek, tapi maknanya mudah dipahami.
Kami masih sering menemukan artikel yang kalimatnya sangat Panjang. Harus dibaca berkali-kali. Barulah paham maksud dari kalimat tersebut.
Coba bayangkan saat anda ngobrol.
Saat kita ngobrol, kita tidak langsung bicara Panjang tanpa jeda. Biasanya kita selalu memotongnya berdasarkan kontek tertentu.
Karena pasti sangat membosankan mendengarkan orang bicara tanpa jeda.
Menulis artikel juga begitu. Anda perlu memperhatikan setiap kata yang ditulis. Jangan terlalu Panjang sehingga sulit dipahami. Jangan pula terlalu pendek, sehingga maksudnya tidak sampai. Jangan pernah membuat artikel dengan kalimat panjang tanpa jeda. Ini tidak hanya membuat pembaca bingung, tapi juga salah memahami konteknya. Idealnya, kalimat pada artikel itu pendek-pendek. Sehingga mudah dipahami.
Menggunakan Sub-Judul
Biasanya artikel yang kita buat terdiri dari judul utama. Selanjutnya judul utama ini terdiri dari sub-judul bahkan sub-judul kadang juga memiliki subjudul lagi.
Artikel yang dibuat menggunakan struktur seperti ini akan lebih mudah dipindai dan dipahami oleh para pembaca, terutama pembaca online.
Jika artikel anda sedang membahas tentang “Jenis-jenis Bunga”, selanjutnya anda bisa membuat sub-judul dengan “Bunga luar ruangan” dan “Bunga dalam ruangan”. Selanjutnya masing-masing sub-judul ini bisa anda tambahkan lagi nama-nama bunganya.
Sampai disini kebayangkan seperti apa artikel yang menggunakan sub-judul dengan baik dan benar. Kami anggap anda sudah paham dan bisa mempraktekannya.
Gunakan format tulisan list/daftar
Selain menggunakan sub-judul, anda juga bisa membuat daftar pada artikel anda. Saya sendiri sangat terbantu memahami sebuah artikel jika disertakan listnya. Kita jadi tahu bagian-bagian dari sub-judul tersebut.
Format artikel dengan pola daftar ini sangat diminati karena memudahkan kita dalam memindai artikel yang akan dibaca. Jika sebelumnya kita ingin membuat artikel tentang bunga, maka akan sangat bagus kalua disertakan listnya.
Misalnya list “bunga dalam ruangan”.
- Aloe Vera
- Sirih Gading
- Snake Plant
- Aglonema
Gunakan list angka jika anda ingin mengurutkan berdasarkan prioritas. Sebaliknya, gunakan list selain angka jika tidak harus diurutkan berdasarkan prioritas.
To the point
Ini penting sekali.
Saat ini banyak sekali penulis yang membuat suatu yang sederhana menjadi terlihat rumit. Jika anda bisa menjelaskan dengan 1 hingga 2 kalimat saja. Buat apa harus menulis paragraph Panjang.
Selain membuat pembaca bosan, penjelasan yang terlalu Panjang juga bisa mengaburkan makna yang ingin disampaikan.
Be Simple. Jika bisa dilakukan dengan cara mudah. Tidak perlu mencari cara yang sulit. Apalagi membosankan.
Beritahu apa yang dibahas sejak awal
Coba anda perhatikan paragraph pertama kami. Disana kami langsung menyebutkan 3 hal penting untuk membuat artikel yang berpengaruh.
Kami tidak memulainya dengan perkenalan diri. Selamat datang dan kalimat tidak penting lainnya.
Karena pembaca anda tidak peduli dengan itu. Mereka tidak peduli siapa anda. Apa latar belakang anda. Mereka hanya peduli dengan masalah mereka. Mereka butuh solusinya.
Jika diberitahu sejak awal. Mereka tahu, apakah artikel anda punya solusi atau tidak.
Artikel Unik
Unik disini tidak sekedar lolos copyscape.
Jika anda benar-benar ingin mempengaruhi pembaca melalui tulisan. Maka pastikan konten yang disajikan benar-benar unik. Bukan saja unik menurut copyscape.
Unik bisa diartikan dengan cara yang berbeda. Atau solusi yang berbeda.
Pengguna internet sudah kebanjiran informasi. Mereka sudah mengunjungi ratusan bahkan ribuan blog sebelum mengunjungi artikel anda.
Itu artinya, mereka sudah mengetahui banyak hal. Tapi belum memberikan solusi yang benar-benar pas dengan masalah mereka.
Jika anda membuat konten yang relative sama dengan blog lain. Mereka akan berfikir artikel anda juga tidak akan memberikan solusi pada mereka.
Mereka akan tutup halaman blog anda. Tidak ada gunanya. Membuang-buang waktu.
Menyedihkan sekali. Perlu diketahui, salah satu penyebab tingginya angka bounce rate adalah artikel yang ditulis asal-asalan. Mirip dan sama dengan artikel yang diterbitkan diblog lain. Sama sekali tidak menawarkan sesuatu yang berbeda dengan cara yang berbeda. Jadi, jika ingin artikel anda dibaca tuntas oleh pembaca. Maka, membuat artikel unik adalah langkah yang paling pentung untuk dipertimbangkan.
Sertakan informasi-informasi tambahan
Saat menulis artikel, sulit sekali untuk menjelaskan banyak hal sekaligus.
Jika ada istilah yang memerlukan penjelasan khusus, maka anda bisa membuatnya dihalaman lain dan kemudian memberikan link ke halaman tersebut.
Sehingga tidak ada bagian informasi yang hilang.
Selain berguna untuk pembaca. Trik ini juga sangat ampuh untuk meningkatkan time on site, menurunkan bounce rate serta meningkatkan page view sebuah blog.
Coba perhatikan tulisan “cara membuat artikel” ini. Anda akan melihat beberapa link yang mengarah ke halaman lain untuk memberikan penjelasan tambahan dari artikel yang sedang disajikan.
Buat artikel yang banyak dicari
Pada era digital marketing ini. Tentu saja kita menulis artikel yang memang banyak dicari dan dibutuhkan pengguna internet.
Untuk mengetahui apakah sebuah artikel dibutuhkan atau tidak. Maka kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu.
Dengan riset keyword. Kita jadi tahu, apa kata-kata yang banyak diketikan di kotak pencarian Google. Bahkan kita juga bisa tahu volume/jumlah orang yang menggunakan kata-kata tersebut.
Jadi, riset keyword adalah langkah penting untuk membuat artikel yang menarik dibaca.
Anda bisa membaca panduan riset keyword yang sudah kami sediakan.
Gunakan ilustrasi Visual
Tahukah anda, manusia memiliki 3 gaya belajar. Mulai dari visual, auditori dan kinestetik. Menariknya, gaya belajar yang paling mendominasi adalah gaya belajar visual. Dan itulah mengapa anda harus menyertakan ilustrasi visual pada setiap artikel anda.
Ilustrasi visual yang kami maksud adalah gambar : )
Bahkan, dengan visual gambar pikiran kita bisa menerawang jauh dari apa yang disajikan oleh artikel tersebut.
Satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Begitu katanya.

Gunakan font yang tepat
Ini adalah bagian yagn sering dilewatkan. Terutama oleh pemilik blog.
Sering saya temui pemiliki blog yang mementingkan desain yang wow dengan mengabaikan pengalaman pengguna terhadap blog mereka. Salah satunya menggunakan jenis font yang sulit dibaca karena menggunakan style yang aneh-aneh : )
Kami menyarankan agar menggunakan jenis font yang mudah dibaca, ukuran yang pas serta digunakan secara konsisten diseluruh halaman website anda.
Itulah beberapa trik cara membuat artikel yang menarik, enak dibaca serta informatif.
Selanjutnya tinggal anda praktekan.
Kami harap, dengan mengetahui 12 trik menulis artikel diatas. Anda bisa membuat artikel yang memenuhi kriteria menarik, enak dibaca dan informatif.
Artikel yang anda buat benar memiliki ruh. Mampu mempengaruhi pembaca untuk melakukan seseuatu yang anda inginkan.
Artikel ini ditulis oleh Hidayat Mundana untuk membantu pembaca dalam membuat artikel yang berkualitas. SEOPlatinum adalah Konsultan SEO Indonesia yang menawarkan Jasa Optimasi Website bergaransi halaman 1 Google atau uang kembali.
- Published in Panduan
Cara riset keyword menggunakan Tools Ahrefs
Riset Keyword menggunakan Ahrefs
Ahref merupakan salah satu tool internet marketing yang paling banyak digunakan. Tidak saja untuk melakukan spying backlink kompetitor, tetapi juga lazim digunakan untuk melakukan riset keyword.
Sebagai penyedia Jasa SEO Indonesia, kami sendiri sudah menggunakan tools ahrefs ini sejak bebeberapa tahun lalu. Dan kami mendapatkan banyak sekali manfaat dari kehadiran tool ini. Karena proses riset keyword jadi lebih mudah dan cepat. Bahkan kita bisa mendapatkan informasi tentang kompetitor dengan sangat mudah.
Nah, pada kesempatan ini kami ingin membahas lebih spesifik dengan ahref. Yaitu bagaimana cara menggunakan Ahrefs untuk riset keyword.
Sehingga anda bisa menemukan keyword-keyword terbaik untuk mendatangkan pengunjung potensial ke website anda dengan cara yang lebih mudah dan praktis.
Mulai
Untuk memulai proses riset keyword menggunakan Ahrefs, yang harus anda lakukan adalah mengunjungi bagian menu “Keyword Explorer”.
Pada bagian ini, anda bisa memasukan kata kunci yang sifatnya umum dan terkait dengan topik bisnis anda. Misalnya bisnis anda menjual aksesoris motor, maka kita akan coba ketikan “aksesoris motor” disana.
Pada bagian kanan bawah form, jangan lupa pilih Indonesia. Ini gunanya agar keyword-keyword yang dimunculkan khusus untuk Negara Indonesia.
Setelah anda memasukan kata kunci, sekarang anda diarahkan kehalaman baru yang berisikan beberapa informasi penting terkait dengan keyword “aksesoris motor” ini.
Beberapa informasi yang kita dapatkan adalah Volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, nilai Cost per Clik (CPC) serta beberapa informasi penting lainnya.
Dengan informasi ini, anda bisa mengukur keyword tersebut. Seberapa sering digunakan untuk mencari informasi, bagaimana persaingan di SERP Google Indonesia serta Volume pencarian globalnya.
Bahkan, melalui halaman ini anda juga bisa mendapatkan informasi tentang perilaku pencari informasi menggunakan keyword “aksesoris motor” ini.
Salah satu perilaku mereka yang bisa kita dapatkan adalah jumlah klik (Clicked) mereka hanya 33% dari total volume pencarian. Hal ini terjadi bisa saja karena daftar website yang ditampilkan tidak relevan dengan search intent atau karena yang lain.
Dapatkan Ide keyword lebih banyak
Selanjutnya jika anda ingin mendapatkan ide keyword yang lebih banyak, silahkan gulir ke bagian bawah. Maka anda akan mendapatkan beberapa ide keyword yang related dengan keyword “aksesoris motor”. Lihat gambar dibawah ini
Kita lihat, ada banyak sekali related keyword yang bisa anda explorer (1884 keyword) dan gunakan untuk dioptimasi. Untuk mendapatkan keyword lainnya, silahkan klik “View all” pada bagian bawah daftar keyword, maka anda.
Silahkan pilih keyword yang anda anggap cocok dan relevan dengan search intent bisnis anda. Sehingga pengunjung anda terus tumbuh dari waktu ke waktu.
Jika anda ingin melihat siapa saja kompetitor anda untuk keyword “aksesoris motor” ini, silahkan scroll ke bawah. Maka anda bisa menemukan 10 daftar website yang akan menjadi kompetitor anda. Biasanya data ini lengkap dengan metrik SEO yang mereka miliki. Termasuk backlink.
Dari data-data yang ditampilkan diatas, anda bisa mengukur kemampuan anda. Apakah sanggup menantang 10 kompetitor yang sudah duluan ranking 10 besar atau tidak.
Untuk mengukurnya, anda bisa menggunakan metrik backlink maupun domain rank.
Jika anda ingin mendapatkan daftar keyword yang lebih banyak lagi, klik saja angka-angka yang berada di kolom keyword. Maka anda akan diarahkan ke halaman seperti yang terlihat dibawah ini.
Nah, anda kembali mendapatkan ide keyword baru yang bisa anda pilih dan pilah untuk kemudian dioptimasi sehingga blog anda mendapatkan pengunjung dari keyword-keyword tersebut.
Download dan buat daftar keyword diatas. Kumpulkan sekaligus dengan nama keywordnya, volume pencarian serta tingkat kesulitan dari keyword tersebut.
Dengna data-data itu anda bisa memutuskan keyword mana yang harus dioptimasi dan mana yang harus dibuah. Jika masih bingung bagaimana memiliki keyword yang layak untuk dioptimasi, silahkan baca tulisan kami yang lain terkait dengan Riset Keyword
Mudah-mudahan tulisan singkat tentang cara riset keyword menggunakan Ahrefs ini bisa membantu anda menemukan keyword-keyword yang potensial untuk dioptimasi.
Artikel Riset Keyword menggunakan Ahref ini dipersembahkan oleh Tim SEOPlatinum. SEOPlatinum merupakan Konsultan SEO Indonesia yang sudah melayani ratusan klien dan ribuan keyword untuk masuk halaman 1 Google.
- Published in Panduan