Cara riset keyword menggunakan Tools Ahrefs

Riset Keyword menggunakan Ahrefs

Riset Keyword menggunakan Ahrefs

Ahref merupakan salah satu tool internet marketing yang paling banyak digunakan. Tidak saja untuk melakukan spying backlink kompetitor, tetapi juga lazim digunakan untuk melakukan riset keyword.

Sebagai Konsultan Jasa SEO, kami sendiri sudah menggunakan tools ahrefs ini sejak bebeberapa tahun lalu. Dan kami mendapatkan banyak sekali manfaat dari kehadiran tool ini. Karena proses riset keyword jadi lebih mudah dan cepat. Bahkan kita bisa mendapatkan informasi tentang kompetitor dengan sangat mudah.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin membahas lebih spesifik dengan ahref. Yaitu bagaimana cara menggunakan Ahrefs untuk riset keyword.

Sehingga anda bisa menemukan keyword-keyword terbaik untuk mendatangkan pengunjung potensial ke website anda dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Mulai

Untuk memulai proses riset keyword menggunakan Ahrefs, yang harus anda lakukan adalah mengunjungi bagian menu “Keyword Explorer”.

Pada bagian ini, anda bisa memasukan kata kunci yang sifatnya umum dan terkait dengan topik bisnis anda. Misalnya bisnis anda menjual aksesoris motor, maka kita akan coba ketikan “aksesoris motor” disana.

Riset Keyword pakai Ahrefs

Pada bagian kanan bawah form, jangan lupa pilih Indonesia. Ini gunanya agar keyword-keyword yang dimunculkan khusus untuk Negara Indonesia.

Setelah anda memasukan kata kunci, sekarang anda diarahkan kehalaman baru yang berisikan beberapa informasi penting terkait dengan keyword “aksesoris motor” ini.

Beberapa informasi yang kita dapatkan adalah Volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, nilai Cost per Clik (CPC) serta beberapa informasi penting lainnya.

Riset Keyword Ahrefs 01

Dengan informasi ini, anda bisa mengukur keyword tersebut. Seberapa sering digunakan untuk mencari informasi, bagaimana persaingan di SERP Google Indonesia serta Volume pencarian globalnya.

Bahkan, melalui halaman ini anda juga bisa mendapatkan informasi tentang perilaku pencari informasi menggunakan keyword “aksesoris motor” ini.

Salah satu perilaku mereka yang bisa kita dapatkan adalah jumlah klik (Clicked) mereka hanya 33% dari total volume pencarian. Hal ini terjadi bisa saja karena daftar website yang ditampilkan tidak relevan dengan search intent atau karena yang lain.

Dapatkan Ide keyword lebih banyak

Selanjutnya jika anda ingin mendapatkan ide keyword yang lebih banyak, silahkan gulir ke bagian bawah. Maka anda akan mendapatkan beberapa ide keyword yang related dengan keyword “aksesoris motor”. Lihat gambar dibawah ini

Riset keyword Ahrefs 02

Kita lihat, ada banyak sekali related keyword yang bisa anda explorer¬† (1884 keyword) dan gunakan untuk dioptimasi. Untuk mendapatkan keyword lainnya, silahkan klik “View all” pada bagian bawah daftar keyword, maka anda.

Riset-keyword-Ahrefs-03

Silahkan pilih keyword yang anda anggap cocok dan relevan dengan search intent bisnis anda. Sehingga pengunjung anda terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Jika anda ingin melihat siapa saja kompetitor anda untuk keyword “aksesoris motor” ini, silahkan scroll ke bawah. Maka anda bisa menemukan 10 daftar website yang akan menjadi kompetitor anda. Biasanya data ini lengkap dengan metrik SEO yang mereka miliki. Termasuk backlink.

Riset-keyword-Ahrefs-04

Dari data-data yang ditampilkan diatas, anda bisa mengukur kemampuan anda. Apakah sanggup menantang 10 kompetitor yang sudah duluan ranking 10 besar atau tidak.

Untuk mengukurnya, anda bisa menggunakan metrik backlink maupun domain rank.

Jika anda ingin mendapatkan daftar keyword yang lebih banyak lagi, klik saja angka-angka yang berada di kolom keyword. Maka anda akan diarahkan ke halaman seperti yang terlihat dibawah ini.

Riset-keyword-Ahrefs-05

Nah, anda kembali mendapatkan ide keyword baru yang bisa anda pilih dan pilah untuk kemudian dioptimasi sehingga blog anda mendapatkan pengunjung dari keyword-keyword tersebut.

Download dan buat daftar keyword diatas. Kumpulkan sekaligus dengan nama keywordnya, volume pencarian serta tingkat kesulitan dari keyword tersebut.

Dengna data-data itu anda bisa memutuskan keyword mana yang harus dioptimasi dan mana yang harus dibuah. Jika masih bingung bagaimana memiliki keyword yang layak untuk dioptimasi, silahkan baca tulisan kami yang lain terkait dengan Riset Keyword

Mudah-mudahan tulisan singkat tentang cara riset keyword menggunakan Ahrefs ini bisa membantu anda menemukan keyword-keyword yang potensial untuk dioptimasi.

Artikel Riset Keyword menggunakan Ahref ini dipersembahkan oleh Tim SEOPlatinum. SEOPlatinum merupakan Konsultan SEO Indonesia yang sudah melayani ratusan klien dan ribuan keyword untuk masuk halaman 1 Google.