Apa itu SEO. Defenisi & cara melakukannya

Apa itu SEO

Kita mulai dengan defenisi, apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, tindakan yang dilakukan oleh webmaster/pemilik website terhadap websitenya, untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Kami yakin, mungkin sebagian dari anda akan bertanya. Apa pentingnya meningkatkan peringkat website di Google. Dan apapula kerugiannya jika kita tidak melakukannya.

Baik, kita akan bahas pelan-pelan.

Kenapa SEO penting

Kita tahu bahwa mesin pencari, terutama Google. Secara default hanya menampilkan 10 website yang dianggap paling relevan dengan “kata kunci” yang diketikan pencari informasi.

10 website pertama ini akan kita temukan pada halaman 1 Google. Ini adalah website yang dianggap paling relevan dengan kata kunci yang diketikan.

Sementara sisanya, akan ditampilkan pada halaman 2 dan seterusnya.

Bagian pentingnya, 99% pengguna internet hanya membuka halaman 1 Google saja. Hanya 1% yang membuka halaman 2 dan seterusnya.

Ini artinya, jika website anda tidak ada dihalaman 1 hasil pencarian Google, maka anda sudah kehilangan 99% potensi pengunjung.

Sayang banget kan?

Bayangkan jika 99% itu adalah calon pembeli produk yang anda jual. Sudah berapa anda lose pembeli setiap bulannya.

Jika profit margin anda 20 ribu saja, dan anda kehilangan potensi pembeli hingga 150 pembeli setiap harinya, maka sebenarnya anda sudah kehilangan potensi keuntungan sebesar 90 juta perbulan

Memang data diatas masih rekaan. Tapi, akan benar-benar terasa jika anda membuktikannya sendiri dengan mengabaikan SEO.

Nah, sampai disini kami harap anda sudah paham. Kenapa masuk halaman 1 Google itu penting banget bagi website anda.

Bagaimana cara melakukan SEO

Jika anda sudah paham, mengapa SEO itu penting dan sepakat dengan kami kalau SEO itu perlu dilakukan. Maka kita akan masuk pada tahap berikutnya. Yakni, bagaimana cara melakukan SEO yang benar.

Walaupun akan banyak sekali istilah teknis, kami akan coba bahas dengan bahasa yang se-sederhana mungkin.

Mari kita lanjutkan . . .

Sebelum kita masuk pada cara SEO yang banyak dilakukan. Perlu bagi kita untuk memahami dengan baik, bagaimana cara kerja mesin pencari. Terutama Google.

Kita lebih banyak membahas Google karena market Share Google di dunia sangat besar sekali. Termasuk di Indonesia. Mungkin diatas 90%.

Setidaknya, ada 3 tahapan yang dilakukan Google sebelum menampilkan hasil pencariannya pada kita. 3 Tahapan tersebut adalah :

# Crawling

Crawling adalah proses scanning yang dilakukan oleh web spider, robotnya google terhadap halaman web yang ada di internet.

Tahapan pertama ini sangatlah penting bagi web kita. Jika web spider-nya Google tidak berhasil melakukan “crawling” terhadap website kita, maka website kita tidak akan bisa diproses pada tahapan berikutnya.

Ini artinya, kita harus memastikan bahwa website kita bisa di crawling oleh web spidernya google dengan baik.

Pada bagian lain, kami akan tunjukan pada anda bagaimana caranya membuat Google suka dan mudah melakukan crawling terhadap website anda.

Intinya, pastikan website anda bisa di crawling oleh Google.

# Indexing

Tahap kedua yang dilakukan Google setelah proses Crawling adalah Indexing.

Indexing adalah Proses analisa halaman website oleh Googlebot. Baik itu konten berupa artikel, gambar, video dan lain sebagainya.

Pada tahapan ini, Google berusaha memahami isi dari halaman website anda untuk disimpan dalam database mereka. Dan sewaktu-waktu akan dipanggil untuk ditampilkan pada hasil penelusuran.

Jika halaman website anda berhasil di index oleh google, maka suatu saat bisa ditampilkan pada hasil penelusuran Google.

Untuk bisa tampil di Google, halaman website anda wajib di index google terlebih dahulu.

# Penayangan

Penayangan adalah proses menampilkan hasil penelusuran saat pengguna internet mengetikan kata kunci tertentu pada kota pencarian Google.

Google berusaha untuk menampilkan hasil penelusuran yang paling relevan dengan memperhatikan search intent, lokasi, bahasa serta perangkat yang digunakan oleh pencari informasi tersebut.

Ini artinya, beda lokasi akan beda hasil penelusurannya. Hasil penelusuran dengan perangkat yang berbeda juga akan menampilkan hasil yang berbeda.

Pada tahapan 3 ini, barulah SEO (Search Engine Optimization) menjadi sangat penting bagi kita. Dengan SEO yang kita lakukan, maka besar peluang website kita ditampilkan dihalaman 1 Google.

Sampai disini, kami berharap anda sudah paham bagaimana cara kerja mesin pencari Google. Sekarang kita masuk bagaimana cara melakukan SEO website anda.

Buat website anda mudah di Crawling

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam proses SEO Website adalah membuat website yang mudah di crawling oleh Googlebot.

Hal ini sangat dipengaruhi oleh platform website yang digunakan, desain serta tatak letak dari konten website anda.

Untuk bagian ini, kami menyarankan anda menggunakan CMS WordPress. Lihat panduan membuat website wordpress

Buatlah halaman website yang saling terhubung satu sama lainnya. Hubungkan dengan “Anchor Text” yang relevan dengan halaman yang dituju.

Tindakan ini juga lazim disebut dengan proses Internal Link. Selain memudahkan google menemukan halaman website anda yang lain, internal link ini juga berguna bagi pengunjung untuk melihat halaman website yang terkait.

Pastikan website di Index Google

Selain memastikan mudah di crawling Google, anda juga harus memastikan halaman website bisa di index Google.

Jika anda menggunakan WordPress, langkah ini sangat mudah sekali dilakukan. Ikuti langkah sederhana dibawah ini :

  1. Login ke website WordPress
  2. Buka Setting > Reading
  3. Hilangkan centang pada bagian “Discourage Search Engine from indexing this site”. Jika sudah tidak dicentang, maka biarkan default seperti itu.
  4. Klik “Save Changes”.

Jika anda berhasil melakukannya, maka website anda akan di index google dalam waktu yang tidak terlalu lama. Bisa 1 – 6 hari (masing-masing website memiliki kecepatan index yang berbeda).

Untuk lebih mudah, silahkan perhatikan gambar dibawah ini, perhatikan gambar yang dilingkari garis merah.

Indexing apa itu seo

Buat website yang relevan

Crawling sudah. Indexing juga sudah berhasil anda lakukan. Sekarang bagaimana caranya agar website anda ditampilkan dihalaman 1 Google.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat halaman website yang relevan dengan keyword yang digunakan. Topik website anda harus relevan dengan keyword yang digunakan oleh target market anda.

Agar mudah dimengerti, kami akan contohkan bisnis kami ini.

SEOPlatinum adalah Konsultan Jasa SEO. Kami menargetkan para pemilik website yang membutuhkan Agency SEO.

Setelah melakukan riset keyword, kami menemukan keyword yang paling banyak dicari adalah “Jasa SEO” sebanyak 22 ribu lebih.

Dari data tersebut, kami memutuskan untuk membuat halaman website terkait dengan keyword Jasa SEO tersebut.

Mulai dari judul halaman, Title tag, Alt tag dari gambar dan lainnya menggunakan keyword tersebut. Untuk lebih jelasnya, coba kunjungi halaman depan website kami ini.

Cobalah analisa mulai dari judul, konten (artikel, gambar dan video), termasuk struktur konten yang kami terapkan.

Itulah yang kami lakukan agar konten website kami relevan dengan keyword yang ditarget.

Mempercepat Loading Website

Setelah membuat halaman website yang relevan dengan keyword yang ditarget, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat website anda mudah dibuka, salah satunya adalah mempercepat loading website.

Cepat atau lambatnya loading website dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari kualitas hosting, desain website, penggunaan gambar serta source code yang anda gunakan untuk membuat website.

Anda bisa menguji kecepatan loading website anda menggunakan tools cek Speed website yang sudah disediakan oleh Google, lihat disini.

Jika loading website anda terdeteksi lambat (> 3 second), mungkin anda perlu mengevaluasi beberapa hal yang sudah kami sebutkan diatas.

Melakukan SEO Onpage

Agar website anda ditampilkan oleh Google dihalaman 1, maka anda juga perlu melakukan SEO Onpage.

SEO Onpage adalah tindakan teknis yang dilakukan oleh pemilik website/webmaster terhadap halaman websitenya.

Berikut ini adalah beberapa elemen yang terkait dengan SEO Onpage

Judul Halaman

Sub Judul

Konten

Gambar

Dan lain sebagainya.

SEO Off-Page – Link Building

Selain SEO Onpage, anda juga perlu melakukan SEO Off-page atau yang lazim kita sebut dengan Link Building.

Link Building adalah proses mendapatkan Backlink dari website lain ke website kita. Semakin bagus kualitas backlink yang kita dapatkan, maka semakin besar pengaruhnya pada peringkat website kita.

Saat ini, ada banyak sekali strategi mendapatkan backlink berkualitas dari website lain. Mulai dari menggunakan Guest Post Indonesia, Content Placement hingga Private Blog Network (PBN).

Selain dengan teknik diatas, anda juga bisa mendapatkan Backlink Gratis menggunakan website-website yang memiliki Authority tinggi seperti Youtube, Twitter dan lainnya.

Share Soscial Media

Selain dengan melakukan beberapa teknik SEO diatas. Kami juga menyarankan anda untuk memanfaatkan sosial media.

Dengan sosial media, anda berpeluang mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Backlink berkualitas dan traffik. Apalagi jika konten yang anda share ke sosial media bisa viral karena unik dan menarik.

Itulah beberapa tahapan SEO yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian Google.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak terkait dengan SEO, kami menyarankan anda mengunjungi Kaffah Academy, salah satu situs Belajar SEO yang banyak diminati beberapa bulan belakangan ini.

Jika anda membutuhkan Layanan kami terkait dengan Jasa SEO, silahkan hubungi kami melalui whatsapp : 0813 7883 1373 (Hidayat Mundana), kami akan membantu anda dengan senang hati.